Komunikasi pemasaran atau Marketing Communications merupakan sebuah rangkaian pesan yang disampaikan kepada audience dengan tujuan meningkatkan penjualan produk sebuah brand atau perusahaan. Perencanaan strategi marketing communicaton meliputi sejumlah strategi pesan dan visual, yang secara bertahap mengikuti alur perubahan, dan perubahan itu harus diukur secara tepat melalui riset marketing communication.
Perencanaan dan Segmentasi.
- Dalam marketing communication segmentasi merupakan hal yang penting dan tidak dapat diabaikan.
- Segmentasi memiliki ciri khusus yang dibatasi oleh usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan batasan geografis.
- Dari beberapa segmentasi yang dituju perlu ditetapkan segmentasi yang dianggap potensial.
Perencaan Media.
- Media massa dianggap sebagai media yang dapat menjangkau sasaran secara lebih luas.
- Pemilihan media berkaitan dengan berapa besar biaya yang harus dipersiapkan.
- Hal itu tentunya dilakukan melalui sebuah studi yang matang.
Kreatif Pesan dan Visual.
- Pada media massa seperti media televisi, efek visual dan isi cerita harus dirancang secara kreatif sehingga memiliki tingkat diferensiasi dan daya tarik yang tinggi.
- Kreativitas dapat menghasilkan suatu karya yang memiliki karakteristik pesan yang kuat.
- Tujuan menghasilkan pesan yang kuat adalah agar pesan yang disampaikan melalui media itu dapat menarik perhatian khalayak.
Riset Marketing Communication.
- Dalam riset marketing communication tingkat keberhasilan diukur berdasarkan sejauh mana iklan atau kegiatan dapat mempengaruhi tingkat penjualan sebuah produk atau penggunaan sebuah jasa.
- Dengan demikian loyalitas pelanggan akan sulit diukur dan banyak dipengaruhi oleh sejauh mana ketertarikan konsumen terhadap sebuah promosi produk dan layanan.
Konsep Bisnis Masa Depan.
- Pada konteks masa depan akan terjadinya persingguhan antara dua kajian ilmu manajemen yaitu relationship marketing dan marketing communication.
- Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan.
- Pada umumnya anggaran yang dibutuhkan akan berada pada kisaran di atas rata – rata belanja iklan sebelumnya.
- Hal ini bertujuan untuk mempertahankan brand position dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk yang dimiliki.