Headlines News :
Home » » Resiko Meremehkan Rante Kendor Pada CBR150R

Resiko Meremehkan Rante Kendor Pada CBR150R

Written By Syukur Muhammad on 04 February 2011 | 6:54:00 PM

Untuk para pengguna motor Honda CBR 150 R CBU Thailand, jangan sekali-kali meremehkan rante yang kendor, karena hal ini dapat berakibat fatal dan memakan biaya besar. Membiarkan rante kendor dapat membuat kerusakan pada gir, karet teromol belakang dan hentakan motor menjadi kasar. Yang lebih fatal lagi, dapat menyebabkan kerusakan pada as ratio anda (as ratio adalah as gir depan). Jika as ratio kena, harga untuk 1 set as ratio +/- Rp. 500ribu diluar biaya belah mesin dan ganti packing.

Rante kendor berlebihan akan berakibat pada seringnya terjadi jeda dari ratio gir saat perpindahan gigi yang diteruskan ke rante dan roda belakang, jeda ini sebenarnya kecil, namun jika rante kendor berlebihan dan karakter pengendara yang kasar, jeda ini bisa berakibat pada terkikisnya nok as ratio yang mengunci gir depan. Saat nok as ratio ini terkikis maka gir depan akan oblak karena tidak presisi lagi, hal ini akan mengakibatkan suara kasar saat perpindahan gigi terutama pada saat kondisi stop and go.

Ingat, power dan sentakan CBR cukup kuat, rante cenderung cepat kendor dan hal ini harus sering diperiksa agar tidak berakibat pada kerusakan as ratio anda. Masalah rante kendor dapat diakibatkan oleh beberapa hal antara lain : 

Pertama, ban belakang yang terlalu besar,
Penggunaan ban belakang yang terlalu besar dapat mengakibatkan beban menjadi lebih berat dari biasanya yang dapat berakibat pada kerja rante semakin ekstrem, dan hasilnya rante cepat memuai.

Kedua, rante bukan original CBR.
Terkadang harga rante original CBR yang terlalu mahal (sekitar Rp. 850ribu) membuat para pengguna mencari alternatif lain untuk menggunakan substitusi dari gir merek lain yang compatible, sebenarnya hal ini sah-sah saya asal anda tetap memperhatikan tingkat kekencangan gir tersebut. Gir non original CBR daya tahannya hanya sekitar 40% dari gir original (harga memang gak pernah bohong).

Ketiga, karakteristik pengendara.
Karakter pengendara sangat berpengaruh terhadap tingkat keawetan kendaraan anda, bukan hanya rante, tapi semua part seperti gir, kampas rem, ban, dan mesin. Karakter pengendara yang ekstrem terutama saat melakukan perpindahan gigi sangat berpengaruh terhadap daya tahan rante

Keempat, perawatan rante
Rante yang jarang diberi pelumas, cenderung terjadi gesekan antar ruas-ruas rante dengan gir, hal ini kesannya sepele, namun jika anda mengabaikan pelumas rante, akar utama dari rante anda cepat kendor salah satunya adalah hal ini. PELUMAS.

Gunakan pelumas yang dianjurkan untuk pelumas rante, jangan menggunakan oli bekas, selain kotor, debu-debu dan kotoran lainnya menempel dan susah untuk dibersihkan
Share this article :

Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Inisial-S Blog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template