Headlines News :
Home » » Biografi KH. Abdurrahman Wahid

Biografi KH. Abdurrahman Wahid

Written By Auto Trading Gold on 04 February 2011 | 6:50:00 PM

Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur adalah tokoh Muslim Indonesia dan pemimpin politik yang menjadi Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001. Beliau menggantikan Presiden B. J. Habibie setelah dipilih oleh MPR hasil Pemilu 1999. Penyelenggaraan pemerintahannya dibantu oleh Kabinet Persatuan Nasional.

Masa kepresidenan KH. Abdurrahman Wahid dimulai pada 20 Oktober 1999 dan berakhir pada Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Beliau adalah mantan ketua Tanfidziyah (badan eksekutif) Nahdlatul Ulama dan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Silsilah
KH. Abdurrahman Wahid lahir pada hari ke-4 dan bulan ke-8 kalender Islam tahun 1940 di Denanyar Jombang, Jawa Timur dari pasangan KH. Wahid Hasyim dan Ibu Solichah. Terdapat kepercayaan bahwa beliau lahir tanggal 4 Agustus, namun kalender yang digunakan untuk menandai hari kelahirannya adalah kalender Islam yang berarti beliau lahir pada 4 Sya'ban, sama dengan 7 September 1940. Beliau lahir dengan nama Abdurrahman Ad-dakhil. "Ad-dakhil" berarti "Sang Penakluk" yang dan kemudian lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur.

Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara. Dilahirkan dalam keluarga yang sangat terhormat dalam komunitas Muslim Jawa Timur. Kakek dari ayahnya adalah K.H. Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU), sementara kakek dari pihak ibu, K.H. Bisri Syamsuri, adalah pengajar pesantren pertama yang mengajarkan kelas pada perempuan.

Ayah Gus Dur, K.H. Wahid Hasyim, terlibat dalam Gerakan Nasionalis dan menjadi Menteri Agama tahun 1949. Ibunya, Ny. Hj. Sholehah, adalah putri pendiri Pondok Pesantren Denanyar Jombang. Saudaranya adalah KH. Salahuddin Wahid dan Ibu Lili Wahid. Ia menikah dengan Sinta Nuriyah dan dikaruniai empat putri : Alisa, Yenny, Anita, dan Inayah.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Inisial-S Blog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template